Code of Publication Ethic

Kode Etik Publikasi

Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia (JEPI) mengikuti petunjuk dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam segala hal yang terkait dengan etika publikasi. Jurnal ini mengadaptasi COPE untuk memenuhi standar etika tinggi yang ditujukan untuk para editor, penulis, dan mitra bestari. Penerbit tidak memiliki hak untuk mencampuri integritas isi stulisan dan hanya bertanggung jawab atas penerbitan secara berkala dan tepat waktu. 

 

Untuk Editor

  1. Editor bertanggung jawab atas seluruh artikel yang diterbitkan di JEPI
  2. Editor harus memastikan penulis untuk mengikuti aturan penulisan JEPI
  3. Editor dapat berkomunikasi dengan editor lain maupun mitra bestari dalam mengambil keputusan akhir
  4. Editor harus mengevaluasi manuskrip secara objektif, tanpa melihat aspek kewarganegaraan, etnis, afiliasi politik, suku bangsa, agama, jenis kelamin, senioritas, maupun afiliasi insititusi penulis. Editor harus menolak penugasan ketika terdapat kemungkinan konflik kepentingan
  5. Editor perlu memastikan bahwa dokumen yang dikirim kepada mitra bestari tidak memuat informasi mengenai penulis, demikian pula sebaliknya.
  6. Keputusan editor harus disampaikan kepada penulis yang disertai dengan tanggapan mitra bestari, kecuali tanggapan yang bersifat menyerang pribadi atau mencemarkan nama baik.
  7. Editor harus menghargai permintaan dari penulis yang menolak individu tertentu untuk mengevaluasi manuskripnya selama alasannya dapat diterima.
  8. Editor dan seluruh staf harus menjamin kerahasiaan dari seluruh manuskrip yang dikirimkan
  9. Apabila dicurigai terdapat tindakan pelanggaran penulisan dan konflik kepengarangan, editor dapat mengikuti panduan dalam diagram alir COPE dalam mengatasi konflik kepengarangan.  

Untuk Mitra Bestari

  1. Mitra Bestari perlu memperhatikan kemungkinan tindakan pelanggaran etika penelitian dan penerbitan.
  2. Mitra Bestari diharapkan dapat bekerja sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, dan harus dapat memberikan informasi kepada editor bila tidak mampu memenuhi tenggat data yang telah ditentukan.
  3. Mitra Bestari harus dapat menjaga kerahasiaan manuskrip.
  4. Mitra Bestari seyogianya tidak menerima manuskrip yang berpotensi menimbulkan konflik kepentingan dengan penulisnya

Untuk Penulis

  1. Penulis harus dapat meyakinkan bahwa manuskripnya belum pernah diterbitkan maupun pemberian hak terhadap artikel kepada pihak lain
  2. Penulis harus memastikan keasilan dari hasil karyanya dan mengikuti aturan pengutipan 
  3. Penulis tidak boleh terlibat dalam plagiarisme maupun oto-plagiarisme
  4. Penulis harus mengikuti tatacara penulisan JEPI yang telah ditentukan
  5. Penulis harus dapat memberikan keterangan dan data terkait penelitiannya, jika terdapat keraguan dari pihak editor terhadap data maupaun kerangka penelitiannya.