Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Download Template Latex JEPI

 

Naskah ditulis menggunakan Microsoft Office Word 2007. Seluruh bagian dalam naskah diketik dengan huruf Book Antiqua, ukuran 11 pts, spasi 1,5, ukuran kertas A4 dan marjin 2 cm untuk semua sisi serta jumlah halaman 20-25, tidak termasuk daftar pustaka, tabel dan gambar. Tabel dan gambar diletakkan pada bagian akhir naskah. Untuk kepentingan penyuntingan naskah, seluruh bagian naskah (termasuk tabel, gambar dan persamaan matematika) dibuat dalam format yang dapat disunting oleh editor. Editor dapat meminta data yang digunakan dalam gambar, tabel dan pengolahan data untuk keperluan penyuntingan dan konfirmasi hasil studi.

Gaya Penulisan Umum. Naskah untuk Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia dapat berupa hasil pemikiran maupun hasil penelitian. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan gaya naratif. Pembabakan dibuat sederhana sedapat mungkin menghindari pembabakan bertingkat. Tabel dan gambar harus mencantumkan sumber. Tabel, gambar dan persamaan matematika diberi nomor secara berurut sesuai dengan kemunculannya. Semua kutipan dan referensi dalam naskah harus tercantum dalam daftar pustaka dan sebaliknya, sumber bacaan yang tercantum dalam daftar pustaka harus ada dalam naskah.

Urutan Naskah. Urutan naskah mengikuti format sebagai berikut:

  • Judul,
  • Nama dan Alamat Lengkap Penulis,
  • Alamat Korespondensi,
  • Abstrak,
  • Kata Kunci,
  • Klasifikasi Journal of Economic Literature (JEL),
  • Pendahuluan,
  • Tinjauan Literatur,
  • Metode,
  • Hasil dan Analisis,
  • Kesimpulan, dan
  • Daftar Pustaka.

Bagian Metode dan Hasil bersifat opsional untuk tulisan berbentuk hasil pemikiran.

Berikut adalah petunjuk untuk setiap bagian naskah:

Judul. Judul tidak melebihi 12 kata dalam bahasa Indonesia. Penulis juga menyediakan judul dalam bahasa Inggris (yang tidak melebihi 10 kata).

Data Penulis. Berisi nama lengkap semua penulis tanpa gelar, lembaga afiliasi penulis dan alamatnya (termasuk kode pos) serta alamat salah seorang penulis untuk korenspondensi (telepon, faksimili dan email).

Abstrak. Ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, maksimum 100 kata untuk masing-masing abstrak dan berisikan tiga hal yaitu topik yang dibahas, metodologi yang dipergunakan dan hasil atau pembuktian yang didapatkan.

Kata Kunci. Ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris masing-masing maksimum 5 subjek. Kata kunci berisi kata atau frasa yang sering dipergunakan dalam naskah dan dianggap mewakili dan atau terkait dengan topik yang dibahas.

Klasifikasi JEL. Cantumkan 2 sampai 3 klasifikasi JEL dua digit yang dapat dilihat pada website Journal of Economic Literature http://www.aeaweb.org/journal/jel_class_system.html.

Pendahuluan. Pendahuluan paling tidak memuat latar belakang dan tujuan dari penelitian, studi sebelumnya yang relevan, permasalahan ataupun hipotesis yang akan diuji dalam tulisan tersebut, uraian singkat mengenai metode atau alat analisis yang dipilih, narasi singkat dari hasil yang didapatkan jika tulisan adalah hasil pengujian empiris atau preposisi jika tulisan yang dibuat bersifat hasil pemikiran.

Tinjauan Literatur. Bagian ini mengutip teori yang relevan dan penelitian terdahulu terkait topik yang dibahas.

Metode. Bagian ini berisi informasi teoretis dan teknis yang cukup memadai untuk pembaca dapat mereproduksi penelitian dengan baik termasuk di dalamnya uraian mengenai jenis dan sumber data. Dalam hal keperluan verifikasi hasil, editor dan mitra bestari (reviewer) berhak meminta data mentah (raw data) yang digunakan penulis.

Tinjauan Literatur. Bagian ini menguraikan landasan konseptual dari tulisan dan berisi alasan teoretis mengapa pertanyaan penelitian dalam artikel diajukan. Di samping itu penulis dapat mengutip studi yang relevan sebelumnya untuk melengkapi justifikasi mengenaik keunikan kontribusi dari naskah.

Hasil dan Analisis. Tuliskan hasil yang didapat berdasarkan metode yang digunakan disertai analisis ekonomi yang sesuai. Dapat disajikan berupa tabel, gambar dengan disertai uraian analitis yang mengangkat poin-poin penting berdasarkan konsepsi teoretis yang telah dibangun.

Kesimpulan. Bagian ini memuat kesimpulan dari hasil dan analisis hasil dan implikasinya secara akademis dan kebijakan jika ada. Bagian ini juga memuat keterbatasan studi dan kemungkinan penelitian lanjutan yang dapat dilakukan.

Daftar Pustaka. Daftar pustaka disusun dengan urutan abjad dengan mengikuti gaya sebagai berikut:

  • Publikasi buku

Dixit, A. K., & Norman, V. (1980). Theory of International Trade. Cambridge: Cambridge University Press.

  • Artikel dalam jurnal

Rangazas, P. (2000). Schooling and Economic Growth: A King-Rebelo Experiment with Human Capital. Journal of Monetary Economics , 46 (2), 397-416.

  • Artikel online :

Thomas, Trevor M. 1956. Wales: Land of Mines and Quarries. Geographical Review 46, (1), 59-81. http://www.jstor.org/stable/pdfplus/211962.pdf (accessed June 30, 2005)

  • Bab dalam buku

Durlauf, S. N., Johnson, P. A., & Temple, J. R. (2005). Growth Econometrics. In P. Aghion, & e. S N Durlauf (Eds.), Handbook of Economic Growth (Vol. IA). Amsterdam: North-Holland.

  • Kertas kerja (working papers)

Kremer, M., & chen, D. (2000). Income Distribution Dynemics with Endogenous Fertility. Working Paper , 7530 .

  • Makalah yang dipresentasikan

Chen, H. K., & Chou, H. W. (2006a). Supply Chain Network Equilibrium with Asymmetric Variable Demand and Cost Functions. Makalah . Taipei.

  • Mimeo dan karya tak dipublikasikan

Knowles, J. (1999). Can Parental Decisions Explain US Income Inequality? Mimeo .

Nashihin, M. (2007). Poverty Incidence in Indonesia, 1987-2002: A Utility-Consistent Approach Based on a New Survey of Regional Prices. Disertasi doktoral . Canberra.

  • Dokumen lembaga

Indonesia, R. (2003). Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

  • Artikel dari situs web dan bentuk elektronik lainnya

Summers, R., & Heston, A. W. (1997). Retrieved from Penn World Table, Version5.6: http://pwt.econ.unpenn.edu/

  • Artikel di koran, majalah, dan periodik sejenis

Begley, S. (1993, April 12). Killed by Kindness. Newsweek , pp. 50-56.

Kutipan. Contoh: Masalah ini pernah diteliti oleh Kremer dan Chen (2000). Hasilnya menunjukkan bahwa keputusan orang tua bisa mempengaruhi distribusi pendapatan (Knowles 1999; Dollar et al. 1988). Untuk ulasan selanjutnya lihat antara lain Williamson (1985).

Tabel, Gambar dan Persamaan Matematika. Judul dan isi tabel diketik dengan huruf ukuran 9 pts dan cetak tebal. Penggunaan garis dalam tabel hanya untuk kepala tabel (heading) dan akhir tabel. JEPI sangat menyarankan penggunaan tabel seperlunya. Redaksi dapat membatasi jumlah tabel sesuai dengan kebutuhan penyuntingan teknis. Hindari isi tabel yang tidak perlu.

Gambar dan grafik akan dicetak dalam format hitam putih sehingga perlu dibuat perbedaan pola antar data yang ditampilkan dan bukan dengan gradasi warna atau perbedaan warna. Garis yang ditampilkan pada grafik hanya sumbu dan garis data saja. Persamaan matematika ditulis dengan menggunakan standar aplikasi pengolah kata. JEPI sangat menyarankan penggunaan equation editor pada Microsoft Office™ 2007 dan versi setelahnya untuk memudahkan penyuntingan. Tuliskan hanya persamaan matematika hanya yang terkait dengan pembahasan.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration and author has submitted the copyright declaration form.
  2. The author has read instruction for author and meets all of the requirements.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  5. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Naskah yang diserahkan penulis haruslah sebuah karya asli dan tidak melanggar hak cipta (copyright) yang ada. Naskah yang dimasukkan harus yang belum pernah diterbitkan dan tidak dikirimkan pada waktu yang bersamaan kepada penerbit lain.

Hak cipta atas semua material termasuk yang berbentuk cetak, elektronik dan bentuk lainnya dipegang oleh Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia ketika naskah dimuat. Untuk itu penulis perlu menyatakan originalitas/keaslian karya  dengan mengisi dan menandatangani Pernyataan Keaslian Karya di bawah ini untuk diserahkan bersamaan dengan penyerahan naskah.

Penulis menjamin tulisan ini adalah karya asli dan penulis mempunyai wewenang penuh untuk mengalihkan hak cipta. Penulis menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk memberikan Tulisan ini atas nama penulis yang lain.

 

Judul Tulisan:

 

Penulis (sebutkan semua):

 

 

 

Tanda Tangan Penulis (atas nama)

[Harap form ini disalin dan ditanda tangani di atas materai dan dikirimkan ke alamat redaksi]

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.